SEKOLAH LAPANGAN INTEGRATED PARTICIPATORY DEVELOPMENT MANAGEMENT OF IRRIGATION PROJECT (IPDMIP) PADI SAWAH WILAYAH BINAAN NAGARI KOTO BARU KABUPATEN SIJUNJUNG

Optimizing Sustainable Agriculture Through Field Schools (IPDMIP Case Study in Nagari Koto Baru, Sijunjung Regency)

Authors

  • Meri Silfia Universitas Negeri Padang
  • Roni Jarlis Universitas Negeri Padang
  • Juli Supriyanti Universitas Negeri Padang
  • Fildza Arief Syuhada Universitas Negeri Padang
  • Andi Alatas Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/agrnes.v2i2.31

Keywords:

Sekolah Lapangan, IPDMIP, Padi Sawah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pertanian berkelanjutan melalui sekolah lapangan IPDMIP di Nagari Koto Baru, Kabupaten Sijunjung. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, parsipasi aktif serta dokumentasi pada bulan September 2022. IPDMIP dirancang untuk mendukung upaya pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai kendala dan meningkatkan produktivitas pertanian, serta mengurangi kemiskinan di pedesaan, mempromosikan kesetaraan gender dan meningkatkan gizi Nagari Koto Baru. Dengan sekolah lapangan IPDMIP dapat mengatasi berbagai kendala dan meningkatkan produktivitas pertanian dan meningkatkan nilai pertanian irigasi berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan dan sumber penghidupan di Nagari Koto Baru, Kabupaten Sijunjung

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Silfia, M., Jarlis, R., Supriyanti, J., Syuhada, F. A., & Alatas, A. (2024). SEKOLAH LAPANGAN INTEGRATED PARTICIPATORY DEVELOPMENT MANAGEMENT OF IRRIGATION PROJECT (IPDMIP) PADI SAWAH WILAYAH BINAAN NAGARI KOTO BARU KABUPATEN SIJUNJUNG: Optimizing Sustainable Agriculture Through Field Schools (IPDMIP Case Study in Nagari Koto Baru, Sijunjung Regency). Jurnal Agriness, 2(2). https://doi.org/10.24036/agrnes.v2i2.31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>