SEKOLAH LAPANGAN INTEGRATED PARTICIPATORY DEVELOPMENT MANAGEMENT OF IRRIGATION PROJECT (IPDMIP) PADI SAWAH WILAYAH BINAAN NAGARI KOTO BARU KABUPATEN SIJUNJUNG
Optimizing Sustainable Agriculture Through Field Schools (IPDMIP Case Study in Nagari Koto Baru, Sijunjung Regency)
DOI:
https://doi.org/10.24036/agrnes.v2i2.31Keywords:
Sekolah Lapangan, IPDMIP, Padi SawahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi pertanian berkelanjutan melalui sekolah lapangan IPDMIP di Nagari Koto Baru, Kabupaten Sijunjung. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, parsipasi aktif serta dokumentasi pada bulan September 2022. IPDMIP dirancang untuk mendukung upaya pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai kendala dan meningkatkan produktivitas pertanian, serta mengurangi kemiskinan di pedesaan, mempromosikan kesetaraan gender dan meningkatkan gizi Nagari Koto Baru. Dengan sekolah lapangan IPDMIP dapat mengatasi berbagai kendala dan meningkatkan produktivitas pertanian dan meningkatkan nilai pertanian irigasi berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan dan sumber penghidupan di Nagari Koto Baru, Kabupaten Sijunjung